4 Upaya Pencurian Jasad Nabi Muhammad SAW Ini Gagal

upaya pencurian jasad nabi

Zaman semakin akhir, semakin bobrok pula sifat dan perilaku orang. Yang sangat miris dan memprihatinkan ialah berita tentang orang yang berani berusaha untuk mengambil jasad suci junjungan kita nabi Muhammad Shallallahu ‘Alaihi Wa Sallam. Namun, atas izin Allah, makam baginda nabi Shallallahu ‘Alaihi Wa Sallam sampai sekarang masih utuh (ada). Dalam sejarah Islam, tercatat ada beberapa kali usaha pencurian jasad beliau SAW, mulai dari negara mesir dan negara-negara eropa yang ingin berusaha mencuri jasad Rasulullah Shallallahu ‘Alaihi Wa Sallam. Namun, atas izin Allah pula, upaya pencurian jasad nabi Muhammad ini juga gagal. Berikut ini adalah kisah tentang upaya pencurian jasad nabi Muhammad Shallallau ‘Alaihi Wa Sallam:

  1. Upaya pencurian jasad nabi Muhammad SAW oleh raja Fathimiyyah Al-Hakim Bi Amrillah Al-‘Ubaidy (1).

    Percobaan pertama pencurian jasad nabi Muhammad Shallallahu ‘Alaihi Wa Sallam yang di tulis oleh Muhammad Ilyas ‘AbdulGhani, penulis buku sejarah masjid Nabawi, dilakukan oleh raja Fathimiyyah Al-Hakim Bi Amrillah Al-‘Ubaidy. Rencana pencurian jasad baginda nabi Shallallahu ‘Alaihi Wa Sallam adalah ketika seorang zindiq mengusulkan kepada sang raja agar mencuri jasad baginda nabi Shallallahu ‘Alaihi Wa Sallam agar dapat menarik perhatian manusia dan negerinya. Dengan berpindahnya jasad baginda nabi Shallallahu ‘Alaihi Wa Sallam, maka harapannya mesir dapat menggantikan Madinah. Namun, atas izin Allah Subhaana Wa Ta’alaa, sebelum rencana sang raja berjalan, Allah mengutus angin besar ke madinah. Saking besarnya angin, bumi hampir terguncang dibuatnya dan inilah yang membuat rencana sang raja untuk mencuri jasad nabi Muhammad Shallallahu ‘Alaihi Wa Sallam gagal.

  2. Percobaan pencurian jasad nabi Muhammad SAW oleh raja Fathimiyyah Al-Hakim Bi Amrillah Al-‘Ubaidy (2).

    Kegagalan pencurian jasad nabi Shallallahu ‘Alaihi Wa Sallam ini tidak membuat sang raja Al-Hakim Bi Amrillah Al-‘Ubaidy yang sudah memimpin sejak umur sebelas tahun ini jera. Sang raja kembali berusaha untuk mewujudkan rencana jahatnya dengan mengutus utusannya untuk memasuki madinah dan tinggal di dekat masjid nabawi dengan maksud menggali tanah dari tempat tinggalnya itu menuju makam Rasulullah Shallallahu ‘Alaihi Wa Sallam, namun Allah SWT kembali menggagalkan rencana sang utusan raja tersebut dengan adanya suara ditengah-tengah warga madinah yang berbunyi ”Nabi kalian akan digali kuburnya”. Warga madinah pun akhirnya melakukan penyelidikan tentang kebenaran kabar tersebut dan benar saja, setelah dilakukan penyelidikan akhirnya diketahuilah bahwa utusan raja Al-Hakimlah yang berusaha untuk mencuri jasad mulia baginda nabi Muhammad Shallallahu ‘Alaihi Wa Sallam. Utusan tersebut akhirnya dihukum mati.

  3. Percoban pencurian jasad nabi Muhammad oleh para penguasa Eropa.

    Kali ini rencana pencurian jasad Rasulullah Shallallahu’Alaihi Wa Sallam didalangi oleh para penguasa eropa yang memanfaatkan kondisi umat islam yang sedang lemah. Mereka mengirim dua utusan untuk menjalankan rencana pencurian jasad rasulullah Shallallahu ‘Alaihi Wa Sallam pada musim haji. Utusan tersebut menyamar sebagai jamaah haji dari andalusia dan memakai pakaian khas maghribi. Para utusan itu pun mulai melakukan survei lapangan untuk mencari kesempatan mencuri jasad rasulullah Shallallahu’Alaihi Wa Sallam. Setelah selesai melakukan survei lapangan, mereka pun mencari penginapan yang dekat dengan makam Rasulullah Shallallahu’Alaihi Wa Sallam. Mereka pun mulai merencanakan niat busuknya dengan menggali tanah dalam penginapan tersebut sampai ke makam Rasulullah Shallallahu’Alaihi Wa Sallam. Namun, belum selesai menggali, rencana mereka digagalkan oleh Allah Subhaana Wa Ta’aalaa melalui Sultan Nuruddin Mahmud Bin Zanki.
    Sang sultan yang merupakan penguasa mesir dan Syam pada suatu malam bermimpi bertemu baginda Rasulullah Shallallahu’Alaihi Wa Sallam. Dalam mimpinya itu, tampak Rasulullah¬†Shallallahu’Alaihi Wa Sallam menunjuk pada kedua utusan dari penguasa eopa tersebut seraya berkata:”Wahai Mahmud, tolonglah aku dari dua orang ini.”
    Sang sultan pun terkejut dan terbangun dari mimpinya. Beliaupun bergegas wudlu dan melanjutkan tidurnya. Namun, mimpi yang sama terjadi dan hal itu terulang tiga kali secara berturut-turut. Esoknya sang sultan menceritakan mimpinya itu kepada para menterinya dan berfikir ada sesuatu yang terjadi di madinah. Beliaupun berangkat ke madinah. Sesampainya di madinah, beliau mengumpulkan para masyarakat kota madinah dengan tujuan untuk melihat wajah para masyarakat madinah, adakah diantara mereka wajah dua orang yang ada dalam mimpinya. Setelah dilihat semua, ternyata beliau belum menemukan wajah yang sama sepertidalam mimpinya. Beliaupun bertanya: “Adakah orang yang lain?”. Salah satu penduduk menjawab: “Masih ada, yaitu dua orang maroko yang sedang berhaji dan bermukim disini. Mereka adalah orang-orang yang shaleh, kaya dan sering membagi-bagikan sedekah dan juga selalu shalat berjamaah di masjid nabawi. Mereka merasa tidak butuh sedekah atau hadiah.
    Sultan pun berkata: “Datangkanmereka kesini!!”. Kemudian didatangkanlah dua orang tersebut dan ternyata wajah mereka berdua sama dengan wajah yang ada dalam mimpi sang sultan. Sang sultan lalu menggeledah mereka berdua dan mendapati ada lubang dalam penginapan mereka yang menuju ke makam Rasulullah Shallallahu’Alaihi Wa Sallam.

  4. Upaya pencurian jasad nabi Muhammad SAW oleh kelompok perampok.

    Upaya pencurian jasad rasulullah Shallallahu ‘Alaihi Wa Sallam lainnya dilakukan oleh sekelompok perampok. Mereka bertekad untuk menggali makam rasulullah Shallallahu ‘Alaihi Wa Sallam dan bahkan terang-terangan berbicara mengutarakan niat mereka itu. Mereka pun kemudian menyebrangi lautan menuju madinah, namun Allah Subhaana Wa Ta’aalaa dengan kebesarannya menggagalkan niat para perampok tersebut dengan kapal yang telah disiapkan dari mesir Al-Iskandariyyah yang mengikuti mereka lalu menangkap dan menawan mereka.

Demikianlah sekilas tentang upaya pencurian jasad nabi Muhammad SAW, semoga menjadi ilmu pengetahuan yang bermanfaat bagi kita semua. Bantu share dengan menggunakan Like, Tweet atau komentar anda di bawah ini, terima kasih.

Tagged , , , , , , . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Be the First to Comment!

Notify of
avatar
wpDiscuz