Hukum Shalat Jumat Bagi Musafir

A. Pendahuluan.

Allah telah berfirman dalam Al quran “Hai orang orang yang berfirman, ketika diserukan menunaikan Shalat jum’at, maka bersegeralah kalian kepada mengingat Allah, dan tinggalkan jual beli. Demikian itu lebih baik bagi kalian , jika kalian mengetahui.”[QS. Jumu’ah].

Shalat jum’at adalah kewajiban bagi orang orang yang sudah menetapi syarat untuk shalat jum’at, seperti orang muslim, orang yang mustauthin (tempat tinggal asli), orang yang bermuqim (orang yang menempati suatu daerah dengan niat untuk pulang tanah halamannya), sudah baligh, dan masih banyak lagi. Allah telah mengancam bagi orang-orang yang meninggalkan shalat jumat melalui Hadits yang diriwayatkan oleh Ibnu majah dari sahabat Jabir bin Abdullah RA, Bahwasannya Rasulullah Shallallah Alaihi Wa Sallam bersabda “Barang siapa meninggalkan shalat Jumat 3 kali tanpa adanya darurat, maka Allah akan tutup hatinya.” Hadits ini dinyatakan Hadits Hasan oleh Al- Albani didalam Shahih Ibnu Majah.

Dikatakan oleh Al-Manawi: “Yang dimaksud dengan ditutup hatinya adalah Allah tutup dan cegah hatinya dari kasih sayangNya, dan dijadikan kebodohan baginya, kering, keras, atau menjadikan hatinya seperti orang munafik.” [faidhul qadir 6/133].

B. Permasalahan.

Tapi bagaimana hukum Shalat jumat bagi musafir? Tidak jarang ketika shalat jumat tiba mereka masih dalam perjalanan dan tidak mungkin melakukan shalat Jumat, seperti masih di kereta atau kendaraan lain. Apakah mereka masih diwajibkan shalat jumat?

C. Dalil.

Mari kita lihat Hadits yang diriwayatkan oleh Abu Daud dari Thiriq bin Syihab, dari Baginda Rasulullah shallallah Alaih Wa Sallam:

  • Shalat jumat adalah haq yang wajib atas semua muslim secara berjamaah, kecuali 4 orang: Budak, Wanita, Anak kecil(belum baligh), dan orang sakit. syikh Al Albanani mengatakan bahwa hadits ini Shahih.

Kita lihat juga Hadits yang diriwayatkan oleh Ibnu umar dari Rasulullah Shallallah ‘Alaih Wa Sallam

  • “Tidak ada kewajiban Shalat jumat bagi musafir”.[HR. Ad Daruquthni].

D. Pendapat ulama.

Mayoritas ulama mengatakan bahwa tidak wajib bagi musafir melaksanakan Shalat jumat, karena tidak ada dalil yang shahih bahwa Rasulullah Shallallah ‘Alaih Wa Sallam melakukan shalat jumat ketika safar(dalam perjalanan). Bahkan Beliau melakukan Shalat Dzuhur di padang Arafah ketika hari jumat(Ibnu Al Mundzir 4/20).Khula Ar Rasyidin pun tidak melaksanakan Shalat jumat ketika safar, dan para shahabat pun melakukan hal yang sama. Mereka menggantinya dengan Shalat Dzuhur.

Ibnu taimiyah menyatakan: Sesungguhnya Rasulullah SAW, banyak bersafar selain umrah ketika hajinya, dan menunaikan haji wada’ beserta ribuan orang, serta telah berperang lebih dari 20 peperangan, namun tadak ada satupun yang menukil bahwa beliau melaksanakan Shalat jumat, dan tidak pula melaksanakan Shalat ‘ied dalam perjalanannya. Bahkan ada riwayat yang nenyebutkan bahwa beliau menjama’ Shalat Dzuhur dan Ashar di seluruh perjalanan beliau. Begitu juga saat hari jumat. [majmu’ fatawa Ibnu taimiyyah xx1v/178-179].

Bahkan, Ibnu mundzir menyatakan bahwa, ketidak wajiban musafir melaksanakan Shalat jumat adalah Ijma’ (kesepakatan) para Ulama, dan tidak boleh menentangnya. [ Al Mughni Ibnu Qudamah 3/216]

E. Kesimpulan.

Dari dalil yang ada, dan pendapat para ulama, bisa kita simpulkan bahwa Shalat jumat bagi musafir laki-laki tidak diwajibkan. Mereka hanya diwajibkan melaksanakan Shalat Dzuhur dan boleh juga di jama’, dan itu adalah ijma’ (kesepakatan para Ulama).

Keutamaan shalat jumat

Adapun keutamaan dari shalat jumat adalah dosa kita diampuni. Dari Abu Hurairah RA, Rasulullah Shallallahu ‘Alaihi Wa Sallam bersabda: “Diantara shalat lima waktu dan jumat sampai bertemu jumat lagi ada sebuah pengampunan dosa di antara keduanya, selama tidak melakukan dosa besar.” [HR. Muslim: 233].

Demikian pembahasan tentang Hukum Shalat Jumat bagi Musafir. Semoga bermanfaat bagi kita semua’amien.Jika Anda menyukai artikel ini, mohon share dengan memberikan Like, tweet atau meninggalkan komentar di bawah ini agar dapat menjadi referensi bagi teman jejaring sosial Anda. Terima Kasih.

Tagged , , , , , , , . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Be the First to Comment!

Notify of
avatar
wpDiscuz