Hukum Mentato Tubuh Dalam Islam

Tato atau tatto adalah merajah kulit memakai jarum dan zat pewarna dengan berbagai bentuk gambar, symbol ataupun hanya sekedar coretan. Tato saat ini memang lagi trend. Tidak hanya anak muda, tapi orang tua pun ikut merajah tubuh mereka. Bahkan, tato yang biasanya identik dilakukan laki-laki pun ikut digandrungi oleh para perempuan. Tato juga biasa dilakukan oleh orang-orang untuk menunjukan rasa kasih sayang mereka kepada orang-orang yang mereka sayangi, seperti mentato pada tubuh dengan tulisan nama orang yang disayangi atau bahkan tato berbentuk gambar orang tersayang. Lalu, bagaimana pandangan Islam dalam menanggapi permasalahan ini?

B. Permasalahan.

Sebenarnya, bagaimanakah hukum mentato tubuh dalam Islam?

C. Dalil-dalil.

  • Dan aku (syaitan) benar-benar akan menyesatkan mereka dan akan membangkitkan angan-angan kosong mereka dan aku akan menyuruh menyuruh mereka memoyong telinga binatang ternak dan mereka benar-benar melakukannya. Dan aku suruh mereka merubah ciptaan Allah dan mereka benar-benar mengubahnya. Barang siapa menjadikan syaitan pelindung selain Allah, maka sungguh ia telah rugi dengan rugi yang nyata.” [An-Nisa’: 119]
  • Dari Abdullah bin Mas’ud: “Allah melaknat wanita yang mentato dan wanita yang minta untuk ditato.” [HR. Bukhari dan Muslim]
  • Dari Abu Hurairah Radhiyallahu ‘Anhu, dari Nabi shallallahu ‘Alaihi Wa Sallam, beliau berkata: “Allah melaknat wanita yang menyambung rambut dan yang minta disambungkan rambutnya dan wanita yang mentato dan yang minta ditato.”

D. Kesimpulan.

Dari dalil-dalil di atas, sangat jelas bahwa Allah subhaana Wa Ta’ala dan Rasulnya Shallallahu ‘Alaihi Wa Sallam melaknat orang yang mentato ataupun orang yang meminta ditatokan tubuhnya. Bahkan itu adalah termasuk salah satu bentuk usaha syaitan untuk menyesatkan manusia dengan cara menggoda untuk taghyirul khalqi (merubah ciptaan Allah) dan itu (merubah ciptaan Allah) adalah salah satu dari dosa besar. Mari kita jaga apa yang Allah telah berikan pada kita, janganlah kita merubah ciptaan-ciptaannya yang indah. Janganlah menuruti bujuk rayu syaitan, karena syaithan pasti mengajak kepada perbuatan keji dan mungkar. Semoga kita mendapatkan pertolonganNya, amien.

Wallahu A’lam

Demikianlah artikel kami tentang masalah hukum mentato tubuh dalam Islam, smoga bermanfaat. Mohon share dengan memberikan Like, Tweet atau memberikan komentar anda di bawah ini, agar menjadi referensi bagi teman-teman jejaring sosil anda. Terima kasih.

Tagged , , , , , , , . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Be the First to Comment!

Notify of
avatar
wpDiscuz