Hukum Mengucapkan Salam Kepada Non Muslim

A. Pendahuluan.

Sudah kita ketahui bersama bahwa mengucapkan salam hukumnya adalah sunnah dan menjawabnya adalah wajib. Diriwayatkan dari Abu Hurairah Radhiyallahu ‘Anhu, beliau berkata: ” Aku mendengar Nabi Shallallahu ‘Alaihi Wa Sallam bersabda: Haknya orang muslim atas orang muslim lainnya itu ada enam: Apabila kamu bertemu dengannya (muslim), maka ucapkanlah salam. Dan apabila ia mengundangmu, maka penuhilah undangannya…… [HR. Muslim].

B. Permasalahan.

Namun, bagaimanakah hukum mengucapkan salam kepada non muslim dalam Islam dan bagaimanakah hukum menjawab salam dari mereka(non muslim)?

C. Dalil-dalil.

  1. Dari Sahl bin Abi Shaleh, dari bapaknya, dari Abu Hurairah Radhiyallahu ‘Anhu, Nabi Shallallahu ‘Alaihi Wa Sallam bersabda: “Janganlah kamu mengucapkan salam kepada orang yahudi dan orang nashrani. Dan ketika kamu bertemu mereka di jalan, maka desaklah mereka ke jalan yang sempit.” [Al-Majmu’ Syarah Al-Muhadzzab, juz 4: 508].
  2. “Tidak diperbolehkan (haram) memberi salam kepada orang kafir menurut pendapat madzhab yang shahih dan yang disepakati oleh mayoritas Ulama.” [Al-Majmu’, Syarah Al-Muhadzzab, juz 4: 507].Dari dalil-dalil di atas, dapat kita simpulkan bahwasannya hukum mengucapkan salam kepada non muslim adalah haram dan bahkan ini adalah pendapat yang shahih dan telah menjadi ijma’ (kesepakatan) para Ulama.

Lalu, bagaimanakah menjawab salam dari non muslim?

  1. “Ketika ahli kitab (yahudi dan nashrani) mengucapkan salam atas kalian (sahabat), maka ucapkanlah Wa ‘Alaikum.” [HR. Bukhari: 6258 dan Muslim: 2163]
  2. “Seorang yahudi melewati Rasulullah Shallallahu ‘Alaihi Wa Sallam, lalu yahudi berkata: As-Saamu ‘Alaika (celaka atasmu), lalu Rasulullah Shallallahu ‘Alaihi Wa Sallam berkata: Wa ‘Alaika (dan atasmu). Lalu, Rasulullah Shallallahu ‘Alaihi Wa Sallam berkata: Apakah kalian (sahabat) tahu apa yang diucapkan si yahudi? ia (yahudi) berkata As-Saamu ‘Alaika. Para Sahabat berkata: Biarkanlah kami membunuhnya. Rasulullah Shallallahu ‘Alaihi Wa Sallam berkata: Jangan. Ketika ahli kitab mengucapkan salam atas kalian, maka kalian ucapkanlah Wa’ Alaikum.” [HR. Bukhari].

Dari hadits-hadits di atas, dapat ditarik kesimpulan bahwa menjawab salam dari non muslim adalah boleh, asalkan hanya sebatas Wa ‘Alaika atau Wa’ Alaikum.

D. Kesimpulan.

Hukum mengucapkan salam kepada non muslim adalah haram menurut kesepakatan mayoritas Ulama. Adapun hukum menjawab salam dari non muslim adalah boleh asalkan hanya sebatas Wa ‘Alaikum atau Wa ‘Alaika.

Wallahu A’lam

Demikianlah pembahasan tentang hukum mengucapkan salam kepada non muslim, semoga bermanfaat. Share dengan memberikan Like, Tweet atau komentar anda di bawah ini, agar menjadi referensi bagi teman-teman sosial anda. Terima kasih.

Tagged , , , , , , , , . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Be the First to Comment!

Notify of
avatar
wpDiscuz