Hukum Mencabut Uban Di kepala Dalam Islam

A. pendahuluan.

Mencabut uban di kepala banyak dilakukan oleh banyak orang. Mereka merasa tidak PD dengan adanya uban di kepala. Dengan mencabut uban di kepala, mereka merasa lebih PD dengan rambut mereka, tanpa memperdulikan apa hukum mencabut uban di kepala dalam islam. Ajaran Islam merupakan ajaran yang universal yang mencakup dan mengatur setiap detail kehidupan manusia, termasuk perbuatan mencabut uban di kepala yang setiap orang pasti akan mengalaminya ketika sudah beranjak tua bahkan di antaranya sudah mengalaminya ketika masih muda. Allah pun menyinggung masalah ini dalam firmannya yang berbunyi

Allah, Dialah yang menciptakan kamu dari keadaan lemah, kemudian Dia menjadikan (kamu) sesudah keadaan lemah itu menjadi kuat, kemudian Dia menjadikan (kamu) sesudah kuat itu lemah (kembali) dan beruban. Dia menciptakan apa yang dikehendaki-Nya dan Dialah Yang Maha Mengetahui lagi Maha Kuasa.” (QS. Ar Ruum: 54)

B. Permasalahan.

Sebenarnya bagaimana Hukum Mencabut Uban Dikepala Dalam Islam?

C. Dalil.

Dalil Hukum mencabut uban dikepala yaitu hadits yang di riwayatkan amr bin syu’aib bahwa Rasulullah bersabda:” Janganlah kalian mencabut uban kalian. Maka sesungguhnya uban itu cahaya untuk umat muslim besok di hari kiamat”.[Al-majmu’, juz 1 shohifah 292].

D. pendapat ulama.

Hadits ini ditafsiri oleh para ulama bahwa mencabut uban hukumnya makruh. Hadits ini adalah hadits hasan yang diriwayatkan oleh Abu Dawud, Attirmidzi, An-Nasa’i dan yang lainnya. Walaupun hadits ini tingkatannya di bawah hadits Shahih, tapi masih bisa untuk di buat sebagai pijakan hukum. Imam Al-Ghazali berkata: ” Ashabu Assyafi’i berkata bahwa dimakruhkan mencabut uban” [Al-majmu’, juz 1, shohifah 292].

Bahkan ada ulama yang berpendapat bahwa mencabut uban hukumnya adalah haram karena adanya hadits yang secara jelas melarangnya. Di dalam masalah pencabutan uban ini, tidak ada perbedaan antara uban yang ada di kepala maupun uban yang ada di jenggot.

E. Kesimpulan.

Dari keterangan di atas, bahwa terjadi perbedaan pendapat di kalangan para ulama tentang hukum mencabut uban di kepala dalam Islam. Menurut saya, untuk lebih berhati-hati (ikhtiyat) sebaiknya janganlah mencabut uban, karena di samping ada perbedaan pendapat para ulama, juga menurut medis tidak baik untuk kesehatan.

Lalu bagaimana solusinya ketika anda merasa malu dengan uban anda? Saya menyarankan untuk menyemir rambut anda daripada mencabutnya. Karena menyemir rambut dalam islam diperbolehkan, bahkan bagi orang tertentu justru disunahkan asalkan dilakukan sesuai dengan ketentuan syara. Untuk lebih jelasnya, silahkan baca artikel saya tentang: Hukum Menyemir Rambut Menurut Islam. Wallahu A’lam.

Demikianlah artikel saya tentang Hukum Mencabut Uban Dikepala Dalam Islam. Semoga bermanfaat, dan jika Anda menyukai artikel ini, mohon share dengan memberikan Like, tweet atau meninggalkan komentar di bawah ini agar dapat menjadi referensi bagi teman jejaring sosial Anda. Terima Kasih.

Tagged , , , , , . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Be the First to Comment!

Notify of
avatar
wpDiscuz