Hukum Membunuh Cicak, Semut, Tikus dan Nyamuk

A. Pendahuluan

Cicak, semut, tikus, dan nyamuk adalah salah satu binatang yang sangat meresahkan bagi masyarakat. Kita tahu kalau Cicak sering buang kotoran di lantai, apalagi lantai masjid, sehingga menjadikan lantainya najis. Semut sering kali mengerubungi makanan atau minuman kita, sehingga sering kita lihat di tempat makanan dan gelas minuman kita terdapat semut, dan itu sangat menjengkelkan. Sedangkan tikus adalah musuh bebuyutan para petani. Tidak jarang tanaman para petani mati karena diserang hama ini. Adapun nyamuk, kita sering mengalami tidak bisa tidur, gatal-gatal, dan bentol-bentol gara-gara hewan yang satu ini.

B. Permasalahan

Bagaimanakah hukum membunuh cicak, semut, tikus, dan nyamuk?

C. Dalil-dalil

Hukum membunuh Cicak

  • Hadits yang diriwayatkan dari sahabat Abu Hurairah, Rasulullah bersabda: “Barang siapa membunuh cicak dalam sekali pukul, maka ditulis untuknya seratus kebaikan, dan dalam dua kali pukulan kurang dari itu (seratus kebaikan), dan dalam tiga kali pukulan, kurang dari itu.” [HR. Muslim]

Hadits di atas adalah dalil dibolehkannya kita untuk membunuh cicak, dengan membunuhnya kita mendapatkan pahala seratus kebaikan. Bahkan tujuh kesalahan kita akan terhapuskan. Cicak adalah binatang yang jahat. Nabi bersabda: “Sesungguhnya Nabi Shallallahu ‘Alaihi Wa sallam memerintahkan untuk membunuh cicak, dan Nabi Shallallahu ‘Alaihi Wa Sallam menamainya dengan nama Fawaisiqo (Binatang jahat)” [HR. Muslim].

Cara membunuh cicak sebisa mungkin sekali bunuh, agar ditulis seratus kebaikan.

Imam An-Nawawi dalam kitab Syarah muslim mengatakan: “Para Ulama sepakat bahwa bahwa cicak adalah hewan kecil yang mengganggu.”

Hukum membunuh Semut dan Tikus

  • Diriwayatkan oleh Sayyidatina Aisyah, Rasulullah Shallallahu ‘Alaihi Wa Sallam bersabda: “Lima hewan jahat, yang boleh dibunuh di tanah Haram:Gagak, dan rajawali, dan anjing galak, dan kala jengking, dan tikus.” [HR. Bukhari dan Muslim]
  • Dari Ibnu ‘Abbaas Radhiyallahu Anhu, beliau berkata: “Sesungguhnya Nabi Shallallahu ‘Alaihi Wa Sallam mencegah dari membunuh empat hewan: Semut, lebah, burung hud-hud, dan burung Shurad.” [HR. Abu Dawuud: 2490]

Kedua hadits di atas secara jelas menerangkan hukum membunuh semut dan tikus. Pada hadits pertama, Nabi Shallallahu ‘Alaihi Wa Sallam memperbolehkan untuk membunuh tikus. Pada hadits kedua, Nabi Shallallahu ‘Alaihi Wa Sallam melarang untuk membunuh semut. Cara membunuh hewan adalah dengan membunuh dengan bagus dan jangan disiksa. Dalam hadits disebutkan: “Sesungguhnya Allah telah memerintahkan untuk berlaku baik atas segala sesuatu. Maka, apabila kamu ingin membunuh, maka bunuhlah dengan cara yang bagus. Dan apabila kamu akan menyembelih, maka bagusilah cara penyembelihannya.

Hukum membunuh nyamuk

Imam Suyuthi mengkelompokan binatang menjadi 4, yaitu:

  1. Binatang yang ada manfaatnya dan tidak berbahaya, maka boleh dibunuh
  2. Binatang yang berbahaya dan tidak mempunyai kemanfaatan, maka dianjurkan (sunnah) untuk dibunuh, seperti ular
  3. Binatang yang mempunyai manfaat, tapi di sisi lain berbahaya, maka tidak dianjurkan dibunuh dan tidak dimakruhkan untuk dibunuh, seperti elang
  4. Binatang yang tidak mempunyai manfaat dan tidak berbahaya, seperti ulat, maka tidak diharamkan membunuh, tidak pula dianjurkan.

Nyamuk adalah hewan yang tidak ada kemanfaatan bagi manusia, bahkan membahayakan kesehatan manusia, seperti malaria, dll. Oleh itu, nyamuk masuk pada kelompok binatang yang berbahaya dan tidak mempunyai kemanfaatan (no. 2) , sehingga boleh (sunnah) untuk dibunuh.

D. Kesimpulan

Hukum membunuh cicak, tikus, dan nyamuk diperbolehkan, bahkan, Khusus dalam membunuh cicak, akan berpahala, yaitu ditulis untuk kita seratus kebaikan. Sedangkan membunuh semut adalah tidak diperbolehkan karena adanya hadits yang secara jelas mencegah untuk membunuhnya.

Wallahu A’lam

Demikianlah sekilas pembahasan tentang masalah hukum membunuh cicak, semut, tikus dan, nyamuk, semoga bermanfaat. Mohon share dengan memberikan Like, Tweet, atau komentar anda di bawah ini, agar menjadi referensi bagi teman jejaring sosial anda. Terima kasih.

Klik untuk share:
Tagged , , , , , , , , , , , , . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

63 Comments on "Hukum Membunuh Cicak, Semut, Tikus dan Nyamuk"

Notify of
avatar
Sort by:   newest | oldest | most voted
ludin
Guest

aslm,saya sangat merasa bersalah telah membunuh tikus utaz dalam hati setelah membunuhnya saya menjadi sedih dan merasa bersalah bagamana itu usta

ludin
Guest

bagaimana hukumnya tidak menhormati mertua yang tidak pernah sholat dan puasa ramadhan, keras kepala dia merasa paling hebat dan mertua tersebut tidak pernah mengahargai apa yang telah dia lakukan oleh menantunya tersebut

Lullaby
Guest

ajak berantem

Didi
Guest

Saudara, itu dosanya pada Allah..hormati mertua itu sama sahaja kmu menghormati ibu bapa kamu,berdosa jika kamu tidak menghormati mertua kamu..

clies
Guest

Dibunuhbaja mas… biar kapok…

Sarizzan
Guest

Bagi saya ustaz, saya merass kasihan sekali bila ingin membunuh seekor binatang (sedih). Nyamuk memang sudah biasa dibunuh kerana mengganggu ketenteraman

jackahmadseparo
Guest

aku sangat jengkel sekali pada cicak bukan hanya sekali bahkan sudah berkali kali cicak sudah mengotori kepalaku
apakah di setiap kali melihat cicak aku boleh membunuh nya meskipun si cicak tidak mengotori kepalaku

muhamad
Guest

Bodoh

pembasmi tikus
Guest

tiba tiba ngomong bodoh… kenapa?? ada urusan apa??

muhamad
Guest

Bodoh… smua binatang adalah ciptaan Tuhan… ap kh Tuhan kurang kerjaan hingga nyuruh manusia hrs bunuh binatang…

dunia udin
Guest

anda makan daging hidup-hidup?lah diperintahnya Tuhan begitu kami yang cuma hamba bisa apa

Lullaby
Guest

Apa itu Yesus, hanya sekedar benda yang di anggap tuhan, di sembah sembah, apa yang diharapkan dari si yesus? kenapa yesuser tidak menyembah manekin? toh dia juga yesus apalagi plus make up

muhamad
Guest

Ikutilah ajaran yg benar… knp hrs ikut ajaran yg sesat… ap kh utk mndptkn pahala itu kita hrs bunuh binatang… ini kn ajaran sesat… ky tdk ad krjaan aja…

Hamba ALLAH 2
Guest

dasar nama samaran abal2,,
klo kmu muslim pasti percaya & mengimani smua ajaran dari Nabi Muhammad,,tp klo kmu KAFIR yaa emg gak bakal percaya sama ajarannya Nabi Muhammad!!
kyknya emg ajaranmu yg lebih sesat!!

yusuf
Guest

ingat hadist bukan dari rasullah …yg bikin buhari sama teman nya…jadi boleh jadi salah ….jadi kembali ke alquran karim

Ryo
Guest

Nama muhamad tapi kamu bodoh bagt.. tentang ajaran agama

yahudi
Guest

ikutilah perintah-perintah nya. jangan makan babi aja..

Denbagus
Guest

Mas diatas saya kayaknya herbivora

Prima Sudiro
Guest

Kalo mas yang mengaku» “Muhamad” itu orang yang benar kenapa harus menyamarkan nama Nasrani nya. Janganlah menjadi seorang pengecut. Dan menyesatkan orang lain dengan memfitnah orang lain sesat. Saya rasa di Injil yang manapun gak ada perintah menghina dan memfitnah orang lain yang manapun Juga, jadi sebenarnya Anda beragama apa?

hamba Allah
Guest

Bunuh saja cicak walaupun dia tidak mengganggu. Karena ada di hadist dan cerita nabi juga

Anonymous
Guest

Aduh kan disana dijelaskan.binatang yg dianjurkan,diprrbolehkan,dan dijangan dibunuh.nah terserah kalau mau dilaksanakn nggak nya mah.cuman rosulullah memberi tahu mana yang boleh mana yang gak boleh dan mana yg dianjurkan.

Muhammad Shalih
Guest

Saya setuju dgn mas prima, ada yg sengaja menyamarkan namanya, udah gitu pake nama muhamad lg.. Klo dia meyakini hadits2 yg telah dibeberkan mka dia akn lbh tau alasan2 apa sehingga bgtu.. Jadi mas yg menyamarkan nma dgn nma islam.. Hati2 lah!!!

AL SUFI KHIDIR
Guest

bukan islam tu,…nulis muhammad aja udah salah kok muhammad m nya 2 doang

Anonymous
Guest

Muhamad palsu tuh

ukas jaseng
Guest

Mas yg bdoh itu anda
kyk gak bsa bca n gak prnah ornah bca sjrah.

budi
Guest

Mas muhamad yg bilang bodoh di atas tuh, hati” ya kalau bilang sesat..membunuh cicak tuh ada hadits dari Rosulullah SAW….Seenaknya bilang sesat…Bukan Rosulullah yg sesat Kamu yg sesat…

budi
Guest

#Muhamad di atas yg bodoh pikir” lagi kalau bilang sesat ya..Jangan” kamu lagi menyamar dengan make’ nama muhamad..padahal mungkin nama kamu satimin atau paimin atau tukimin alias sukimin..

jupri
Guest

cicak yang mna dlu?????? tnya dlu sma ahli kitab dan sunah.. sama2 orang islam jgn saling olok2 y gan ..gk baik

Miss ANthyee
Guest

Paling jengkel sama yg namanya cicak kotorannya sangat mengganggu dan lalulang di dalam kamar. Ingin rasanya saya cincang2

HanyaLewat
Guest
Firman Allah SWT dalam Al Quran yang memuat perintah kepada manusia untuk selalu berbuat kebajikan (ihsan) antarsesama makhluk hidup, termasuk terhadap hewan, antara lain : Dalam Al Quran Surat Al-An’am [6], ayat 38, Allah berfirman : وَمَا مِنْ دَابَّةٍ فِي الأرْضِ وَلا طَائِرٍ يَطِيرُ بِجَنَاحَيْهِ إِلا أُمَمٌ أَمْثَالُكُمْ مَا فَرَّطْنَا فِي الْكِتَابِ مِنْ شَيْءٍ ثُمَّ إِلَى رَبِّهِمْ يُحْشَرُونَ Artinya : Dan tiadalah binatang-binatang yang ada di bumi dan burung-burung yang terbang dengan kedua sayapnya, melainkan umat (juga) seperti kamu. Tiadalah Kami alpakan sesuatu pun dalam Al-Kitab, kemudian kepada Tuhanlah mereka dihimpunkan. Firman Allah SWT dalam Al Quran yang menegaskan seluruh… Read more »
Hamba Allah..
Guest

Ya kalau kita umat nya nabi Muhammad SAW.pasti kita akan percaya..ini bukan ajaran sesat,ini ajaran benar…kalau punya iman sih pasti percaya,orang gk punya iman gimana mau percaya..

Nurul Ardin Mayandari
Guest

Assalamualaikum, dirumah sya sangat banyak tikus dan sudah beberapa kali di tangkap dan dibunuh apakah itu tdk melebihi dosa? Sya takut akan dosa apalagi cicak? Cicak jga biasanya ada tp jika aku ingin membunuhnya? Rasanya sedih jga bagaimana itu?

Agung
Guest

Adakah penjelasan dari Al Quran?
Selama ini saya perhatikan Umat muslim lebih cobdong kepada Hadist. Kemanakah Al-Qur’an? Apakah Allah yang menciptakan Hadist?

lala
Guest

Kalo semut..? Saya pikir dia binatang yg ga ada manfaatnya dan berbahaya spt ular. Knp ga boleh dibunuh ya..? Jujur saya jengkel sama semut. Klo ngerubutin makanan bahkan air putih pun suka ga permisi dulu

Gading
Guest

Semut itu tidak boleh dibunuh. Coba cermati lagi hadits nya yang menerangkan ttg semut di atas. Saya harap artikel ini segera diperbaiki agar tidak menyesatkan.

siapa aja
Guest

Ente yg salah baca kakak, ckckckck

sri
Guest

Allah menciptakan sesuatu itu pasti ada alasan nya

coki
Guest

yang nama muhamad kaum kafir…ngomong gk pake akal, mncari pahala banyak caranya, itulh indahnya agamaku,,Islam. jgn blng gk ada kerjaan dn mnybutkn ajaran sesat bknkh al-quran dn hadist yg harus kita pegang sbgai bimbingan tuk hidup kita,,muhamad,,?? nama ganti ku firaun muhamad

coki
Guest

kang arif artilelnya di perbaiki spya bsa lbih jlas d baca sama orng…maaf sblmnya..

Reza Permata Sari
Guest

Allah SWT sudah membuat buku panduan sedemikian hebatnya, Allah begitu perduli kepada hambanya, agar hambanya tidak salah membunuh mana yang bermanfaat dan mana yang tidak bermanfaat.

Abaikan saja orang yang menghina Islam, karena mereka itu angka NOL yang hanya bisa menjelek-jelek’an sesuatu tanpa dasar yang kuat.

Saya bangga terlahir dan berada dikeluarga Islam semoga saya bisa menjaga nilai-nilai keislaman saya. Aamiin.

Rizkan
Guest

Saya tad gak bisa tidur kalo membunuh binatang hati saya merasa gelisah galau merana..

Agus CYU Sugiyanto
Guest

Untuk saudaraku semua, hentikan emosi kalian. Astagfirullah.

Lindungi kami dari kebencian yang disebarkan syaiton.

Menanggapi ulasan para saudaraku, sudah jelas dlm post tsb, bahwa hewan mana yg boleh/tidak dibunuh, dijelaskan Pula walaupun hewan tsb bersifat mengganggu, bunuhlah dgn Cara terbaik (tanpa menyiksanya).

Semua yang ada did Al-quran adl logika. Apa yg dilakukan Nabi SAW adl atas ijin Allah. Kita saja yg tidak bisa menafsirkan secara benar.

Kesimpulannya, semoga semua mendapat hidayahnya.

Agus CYU Sugiyanto
Guest

Kepada sdr dgn akun “muhamad” : telaah lebih dalam (deep profiling) .

Apapun kepercayaan anda, apabila ada yg anda tidak tahu : Mari kita diskusikan. Dgn Cara sopan/kasih tentunya.

Saya juga bukan orang yang baik, tapi saya berusaha untuk menjadi orang yg baik.

Apabila berkenan Mari kita diskusikan, apalagi mengenai tuduhan anda terhadap kami orang Muslim.

Saya Agus Sugiyanto, email : aguscyusugiyanto@gmail.com

Bestari
Guest

Apakah membunuh nyamuk dengan obat nyamuk atau raket listrik termasuk tindakan melampaui batas dalam membunuh binatang yg mengganggu atau berbahaya?

suaprdi
Guest

Ass…kalau cicak dianjurkan dibunuh mengapa tuhan menciptakannya

nabila
Guest

mencari pahala bukan berarti harus membunuh hewan tertentu kawan. karena ini adalah pertanyaan tentang hukum membunuh hewan menurut islam maka islam menjawab pertanyaan tersebut. islam itu indah kawan jika kamu mau mempelajarinya, semua bentuk hukum apapun itu ada dan itu bukan karangan atau pemikiran manusia melainkan dari yang membuat kehidupan. jika kamu ingin tau siapa pembuat kehidupan, silahkan cari… semoga berhasil good lucky

ridwan
Guest

makasih atas ngasih infonya..jadi tw tentang hadist”nya cara membunuh hewan yg bner..jadi tidak ragu” lagi untuk membunuhnya..

Lagu Hq
Guest

jadi gak ragu lagi ni ane mau bunuh cicak,

Gozali
Guest

Di rumah sy sering ada tikus, sy pasang perangkap. Setelah tertangkap sy bingung cara membunuhnya. Mau dipukul gak tega, mau disembelih gak banget… Akhirnya sy tenggelamkan di air. Apakah yg sy lakukan termasuk menyiksanya? Mohon petunjuknya…

Rico
Guest

Mas saya tadi tangkap cicak pakai tangan, trus saya bunuh pakai kayu smpai 3x,, apakah saya berdosa apa mendapatkan pahala?

salma NA
Guest

Alhmdulilah terimakasih pk ustadz penjelasan nya sama persis sama apa yang di ajarkan guru agama saya waktu di sekolah agama, betul semua itu ada dalam cerita nabi,
Tapi pk ustadz saya mau nanya apa tujuan dan manfaat allah swt menciptakam hewan yang menurut manusia hanya merugikan saja?
Tolong di bantu ya pk soal nya ini tugas dari sekolah
Terima kasih.

Goes
Guest

G ada yg sia2 allah menciptakan smuanya mas… Buktinya brp org yg sukses dri membuat racun tikus dan jebakan tikus… Smua bermanfaat bagi manusia..

charls
Guest

hahahahahah
gelik bacanya….
enak banget bunuh cicak 1 kli pukul dapat amal kebaikan..
mari kita buruh cicak hahahahaha

123
Guest

gimana kalau tokek? itu masih termasuk moyang nya cicak bukan?

rahma
Guest
Asalamualaikum ustad Dirumah saya kan banyak banget nyamuk tu ada jga sejenis nyamuk dbd yg belang putih itu Saya udah pake obat nyamuk lah ini itu tapi ttep ajh ga nyamuknya masih bandel akhirnya saya matiin jh tu pake raket nyamuk saking ga kuat ya digigit mulu ampe gatel 2+bentol 2 Tapi suami sya suka marah klo saya bunuh nyamuk Katanya pamali soalnya keadaan saya lagi hamil muda Sya jdi serba salah deh klo ga dimatiin ntr mlah kena penyakit dbd gy tapi klo di bunuh takut kenapa2 ntr sama calon dd bayi ya pas lahir.. Duh saya harus gmna… Read more »
wpDiscuz