Hukum Membuat Istri Menangis Dalam Islam

A. Pendahuluan

Namanya orang yang berumah tangga, ada saja cekcok antara suami dan istri. Dari mulai masalah sepele sampai masalah yang besar. Tidak jarang suami yang dengan entengnya (ringan tangan) memukul istri sampai istri menangis. Jika tidak dihadapi dengan kepala dingin, bukan tidak mungkin cekcok tersebut berujung pada perceraian dan hal itu akan berimbas pada mental anak-anak mereka.

B. Permasalahan

  • Bagaimanakah hukum membuat istri menangis dalam ajaran Islam?

C. Dalil-dalil

  1. QS. An-Nisa’: 19
    “Dan pergaulilah istrimu-istrimu dengan baik. Lalu, jika kamu tidak menyukai mereka, maka bersabarlah karena mungkin engkau tidak menyukai sesuatu, padahal Allah menjadikan padanya kebaikan yang banyak.”
  2. QS. Al-Ahzaab: 84
    “Orang-orang yang menyakiti mu’min laki-laki dan mu’min perempuan tanpa perbuatan yang mereka lakukan, Maka sesungguhnya mereka telah menanggung kebohongan dan dosa yang nyata.”
  3. HR. Maisarah bin Ali
    “Barang siapa menggembirakan hati istrinya, maka seakan-akan ia menangis takut kepada Allah. Barang siapa menangis karena takut kepada Allah, maka Allah mengharamkan tubuhnya masuk neraka. Sesungguhnya ketika suami istri saling memperhatikan, maka Allah akan memperhatikan mereka berdua dengan penuh rahmat. Saat suami memegang telapak tangan istri, maka bergugurlah dosa-dosa suami istri itu lewat sela-sela jari mereka.”

D. Pembahasan

Dari tiga dalil yang dipaparkan di atas, maka pemahaman pertama yang dapat kita ambil adalah bahwa seorang laki-laki memiliki kewajiban untuk memperlakukan isterinya dengan baik dan juga bersabar terhadap perbuatan atau sikap isteri yang tidak disukainya. Bahkan Allah swt dengan tegas berfirman dalam QS. Al-Ahzaab di atas, bahwa orang yang menyakiti orang yang beriman termasuk isteri, apalagi hingga membuatnya menangis, maka ia akan mendapatkan dosa. Itu artinya bahwa menyakiti seorang isteri baik itu dengan menggunakan kekerasan fisik ataupun verbal (perkataan) yang tidak baik, maka hukumnya adalah haram. Karena seandainya hukumnya makruh, maka Allah tidak akan menimpakan dosa kepada seorang suami yang melakukannya.

Pesan tersebut menjelaskan kepada kita, bahwa Islam sangat memperhatikan urusan kehidupan rumah tangga terutama interaksi antara suami isteri agar keduanya dapat bekerja sama dengan baik sehingga dapat mencapai kehidupan rumah tangga atau keluarga yang sakinah, mawadah wa rahmah sebagai elemen dasar dari terbentuknya masyarakat muslim yang beriman dan bertakwa kepada Allah swt.

E. Penutup

Demikianlah pembahasan yang menerangkan tentang hukum membuat istri menangis dalam islam, semoga bermanfaat. Mohon share artikel ini agar menjadi referensi bagi teman jejaring sosial Anda, terutama bagi teman laki-laki yang sudah menikah dengan klik tombol Like, Tweet atau G + di bawah ini > tambahkan sedikit komentar lalu klik tombol add a comment. Terima kasih.

Klik untuk share:
Tagged , , , , , , , , , , , . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

43 Comments on "Hukum Membuat Istri Menangis Dalam Islam"

Notify of
avatar
Sort by:   newest | oldest | most voted
hamidah
Guest

Sy mengalami masalah dlm rumah tangga sy lima tahu mendirikan rumah tangga dn sy dpat zuriat. 3 tahun sy bermasalah rumah tangga suamihku suka judi sering tinggalkan sy waktu mlm dn rezeki sy sangat susah sy dh usaha ber sabar ber doa tp sampai sekarang dia tak sadar tlog sy mcm mna sy selesaikan masalah in karna sy syg dia karna allah di dunia ahirat

hamidah
Guest

Tq

ss
Guest

jika setiap hari salah dan cuma di acuhkan apa aku salah meninggalkan dia
jika sudah nggak pu ya rasà apa harus di pertahankan percuma aku selalu mengemis cinta jika dià tak mencintài

No name
Guest

Lebih menyayangi ibu nya dibanding dengan istri nya.. Bagus memang tp apakah hati istri tidak tersakiti?

Ssss
Guest

Ya sama seperti kejadian di rumah tangga saya . demi membahagiakan adik dan ibu nya dia rela menyakiti hati saya yg seorang istri. Apakah itu tidak berdosa

Hamba allah
Guest

Itu sama hal nya yang saya alami

4 tahun sudah bersama sumi , tapi hati ini juga ngersa gk sanggup apabila suami hnya memilih membhgiiakn ibu nya

Dyene Ramitha Ocha
Guest

Saya punya masalah dalam rumah tangga saya 1 tahun lebih menilah sering di pukul dan kadang saya hampir mau di bunuh terlebih lagi waktu saya masih hamil dulu
Apakah saya salah jika saya meningalkan suami saya dan apakah benar jika saya meningalkan suami saya haruskah dia mengancam saya agar anak saya tidak pernah ketemu dengan saya lagi?

Niken pandan sari
Guest

Kog sama sis..
Saya juga bingung , mesti gimana..

sri yuniarti
Guest

saya sering di bentak jika suami meminta apa yg dia mau… apabila aku telat mengambilkan yg ia inginkan pasti dia bentak aku…
aku cuman hanya bisa diam dan menangis, jikala suami aku membentak aku.

Anonymous
Guest

suamiku lebih menyanyangi ibunya
Aku sering di marahin… aku cuma berdoa aja semoga suamiku terbuka hatinya buat aku

Anonymous
Guest

Buat para wanita yg sbr yaaa. . . Krn aq jg mengalami hal spt itu. Malahan lebih parah. Mw gimana lg aq cuma g mw ank2q jd korbannya.

Anonymous
Guest

Buat para wanita yg sbr mempunyai suami yg kurang baik. Soalnya saya juga mengalami hal itu. Malahan lebih parah lagi. knp smpai sekarang saya masih jd istrinya itu karena ank2 saya masih kecil2 dan saya g mw ank2 saya jd korbannya.

Lila
Guest

Ya allah saya sering disakiti oleh perkataan suami saya.. saya menikah baru 2 thn.. dan baru ini pula saya di berikan momongan dalam usia kandungan 2 bulan.. suami saya suka tdk memberikan saya napkah.. saya bingung bagaimana saya mau mkn.. jdi saya ngambil aja uang dya buat mkn yah minkmal sehati 20 rbu saya cukup2in..

no name
Guest

Saya memang belum menikah tapi dia telah merampas kehormatan saya .. Dia janji akan bertangung jawab
Orang tua sudah saling mengetahui tapi belum menentukan tanggal pernikahan .. Tapi saya sudah lelah dengan sikap ya yang se enaknya kepada saya .. Apakah saya harus meninggalkan nya

shan
Guest

Ternyta bkn hnya aku sja yg menanggung kepahitan rumh tangga.. Aku pun hny bsa brsabar dika seorg suami yg sdang mencintai perempuan lain, dan acuh tak acuh kpda sya , dr prtma berumh tngga blm prnh sya merasakan yg nma nya kebhgian penuh cinta dan ksh syg hnya pnderitaan tg sya dpt kan. Mnng sya bnyk sekali kekurangan tdk sprti pcr suami sya yg sempurna?? Ttapi sya pun msh trbilang muda 21 thun suami sdah sering mnykiti apa lgi jka sya sdah tua kriput mngkin akn di tendang jauh

shan
Guest

Sya sdah sgt kenyang di bntak,dgn perkataan yg sgt ksar di pukul di skii hti sya… Sudah biasa bgi sya. Mngkin ini sdah jln hdup sya, trlebih skrg dia sdang sangt mencitai perempuan lain.

supri yadi
Guest

berarti itu halal haram di makan dmi sang buah hati

Hasnah
Guest

suami saya temprament tapi dia tidak pernah sakalipun memukul saya, setiap hari saya selalu di fitnah oleh suami dan tidak pernah ada ketenang dalam rumah tangga saya, krna suami saya pencemburu berat makanya setiap hari saya selalu di fitnah, mohon solusinya saya harus berbuat apa? apakah saya salah kalau saya minta pisah dari dia?

Tia
Guest
Suami sy juga begitu.. Dulu hampir pisah wktu anak sy usia 1bulan, krna ibunya sllu mencampuri urusan RT kami.. Skrg anak sy uda usia 1thn, stiap masalah sepele, dia slalu bentak2 sy, bahkan memukul sy. Kadang brfikir pengen pisah, tp dia sllu bilang sm sy klo mau pisah “jgn harap kamu bisa bawa anak”.. Walaupun sy tau kalau perceraian antara suami istri, hak asuh anak akn jatuh di tangan istri selagi anak masi di bawah umur.. Tapi sy bertahan krna sy ga ingin membesarkan anak sy tanpa bapaknya.. Sy cuma bisa nangis, sambil peluk anak sy & brdoa sm Allah… Read more »
Indayani
Guest

Saya saat ini sedang hamil … Dan sering suami saya menyakiti hati saya entah dengan chat mesra bersama teman wanita nya dan hal itu terjadi ketika kami blm menikah dan sampai sekarang. Saya sakit hati jelas menangis dan tidak tau hrs bagaimana menahan kecewa sakitt hati . tlong bantu saya bagaimana menghadapi ini

lisa lestary
Guest

subhanalah .. tdk apa mengambil sbagian harta suami bila ia lalai tak mencukupi kbutuhan makan untuk istri. smg Allah melembutkan hatinya..

ida Ardiyansyah
Guest

Saya sudah menikah selama 4th. Tp dari mulai th ke2 Suami saya mulai berselingkuh,saya mengetahuinya lalu kami berdiskusi selesailah masalah… Saya memaafkanny.Ttpi blum ada 1th dia mengulangi lagi, dan entahlah ini akn berakhir bagaimana..
Yang saya tidak habis fikir saya diberi nafkah sama dia cuma 10 persenya saja sedangkan wanita lain itu yang bukan istrinya dia dberi 40 persen dari gaji suami saya… Bahkan setelah melakukan semua itu suami saya tidak meminta maaf bahkan dia sama sekali tidak peduli

Bunda Husna
Guest

terima kasih infonya

lily
Guest

Sy udh berumah tangga 17 thn bru smlm sy tau klo suami sy hanya ada dendam dlm hatiny brrt slm awal dia menikahi sy awal dia untuk bls dendam solusi bwt sy apa?apa yg hrs dilkukan sm sy?

wahyu indah purnama
Guest

sekarang suami ku banyak berubah. mulai mengucapkan kata-kata kasar terhadap saya sampai melukai hati saya,, bahkan mulai ringan tangan terhadap saya.. terkadang saya ingin pergi jauh dari suami saya itu.. tapi selalu ingat dengan anak yang masih kecil yang masih butuh kasih sayang kami berdua. semoga saya bisa sabar dalam menghadapi rumah tangga ini

Weni rosilah
Guest
Saya sering menangis karna perkataan2 suami yg sering menyakiti hati saya bahkan sering juga dia berkata kasar hingga menyebut saya binatang seperti monyet onta dan babi.. Bahkan dia juga sering berlaku kasar ketika sedang marah sering kali hal sepele membuat dia marah besar terlebih saya sering menangis setiap kali dia berkirim pesan kepada wanita2 lain lewat sosial media yg mengatakan dia belum punya pasangan dia kangen sma wanita itu dan dia sering muji2 wanita lain di depan saya terkadang dia juga menelpon wanita2 itu tapi itu sudah menjadi kebiasaan nya semenjak aku dan dia masih pacaran hingga sekarang sudah menjalani… Read more »
Zuriati
Guest

Klu suami sya mmg baik tp jika ia capek plg kerja sering mnyakiti hatiku, sering membentak. Smpai bkin ht sya sakit.

Dewi
Guest

Suamiku juga begitu dia suka menyakitiku dengan kata2 yg tidak pantas sedikitpun tak pernah memujiku selalu menghinaku…suamiku sering keorg pintar..maksiat dan bahkan berzina…tapi apa yg bisa aku lakukan setiap aku marah dia minta cerai aku gak bisa buat apa2 selain berdoa dan berdoa karna aku sayank dia….tapi kenapa suami dilancarkan rizkynya padahal dia suka menyakiti istrinya..maksiat dn berzina…ini gak adil..

Sholehah
Guest
Assalamualaikum wr.wb. Terlebih adalah rumah tangga saya yang kadang sangat pahit bila rasa rasakan. Saya adalah anak tunggal sedang suami adalah no4 dari 7bersaudara. Pernikahan saya yg baru berusia 2tahun ini dan alhamdllah saya sudah mempunyai momongan yg berusia 4 bulan. Rumah tangga saya tidak ada yg tidak pernah bertengkar dalam waktu seminggu atau lebih pasti bertengkar dari masalah sepele sampai masalah yg besar. Setiap kami bertengkar suami saya selalu berkata kasar dan sekasar mungkin hingga melakukan KDRT (kekerasan dalam rumah tangga) kadang suami saya menampar kepala saya dan membangkitkan saya untuk di bunuh. Sampai saya pernah masa hamil tua… Read more »
nar
Guest

Suami saya sering sekali mukul dan menyakiti hati saya…dengan kata” dy juga buat hati saya menangis

mamanya airel&queensha
Guest
mamanya airel&queensha

yang sabar ya ibu2,apa yang saya rasakan lebih dari apa yang ibu rasakan.suami saya selalu berkata kasar,belum lagi pukulan2 yang selalu dia lakukan.memang sakit,tapi lihatlah anak2 yang tidak berdosa yang jadi korbannya.ayo ibu kita harus tetap semangat untuk anak2.

fitria
Guest

Suami lebih mementingkan keluarganya sendiri.
Sampai sampai adiknya d bawa ke rumah ibu sy. Padahal kita masih tinggal d rumah ibu sy.
Tp suami seakan tidak mau tau pokoknya suami menuruti apa yg orang tuanya inginkan
Orang tuanya ingin adiknya tinggal d rumah ibu sy.
Itu sangat mengganggu dengan sifat adiknya yg sangaaat manja.
Sy sering sekali menangis semenjak adiknya disini.
Sy selalu tdk d anggap.
Pendapat sy pun diabaikan.

sisy
Guest

suamiku egois dan dan selalu fb an sampe lupa wktu dan asyik berf

sisy
Guest

fb an chat dg komunitas dan cewe2 tnpa kenal wktu dan marah bila ditanya hal lain ,dia menyembunyikan status pernikahan kami di teman2nya ,saya tersiksa dan merasa terhina.saya bingung aplagi dia sllu pergi sampe berhari tnpa saya tahu dimana.

sisy
Guest

apakah saya harus meneruskan rumah tangga ini dg hati yang hancur.krna hub ini seakan akan hanya krna sua
tu yg gak jelas dan sesuai dg harapan saya dan akidah agama,saya merasa sendri dan dilecehkan.

Mlin
Guest

Sy sering diperlakukan tidak baik oleh suami saya.baik perkataan ataupun fisik.sering sekali hal sepelepun suami sy bs mengatakan kalau sy bodoh tdk berguna dan trkdg dia jg mengatakan menderita hdp dgn sy.pdhl apapun sy lakukan utkya sbg istri sebagaimana kami sdh mempunyai anak.sy begitu tertekan,sudahlah dia tdk bekerja,dia slalu bertingkah ksr kpd sy.dulu dia berjanji menjaga sy.ya Allah sungguh ini sangat pedih

nur azizah
Guest

saya memunta izin kpda suami untuk mgantar ibu saya perriksa ke rumh sakit dgn megunakan motornya tapi dia menjawab ya silahkan tapi kalo ada apa2 aku gak tanggung jwb. ya allah maz ak ini istrimu seharusy km mendoakan ak agar aku slamat dan baik baik saja. seketika itu aku menagis tpi dia tdk merasa bersalah sedikitpun dgn saya . bahkan dia malah diam saja sampai keesokan hariny. meskipun bgitu ak tetap megantar ibu

Hamba Allah
Guest

Saya memiliki suami, pd saat sy hamil 8 blm,suami sy selingkuh dg wanita lain.sampai skrg sy msh ingt jls kejadian itu meskipun sy dan suami msh 1rmh, tp kami aering bertengkar gara2 hal sepele.styp bertengkar suami mengancam berpisah dan prg dr rmh.apa slh saya?sy menghamburkn uangnya pun tdk apalagi sy selingkuh jd tdk

Sarah
Guest

Saya sarah sudah 17 tahun nanggung beban dan sudah tidak sanggup lagi..suami saya selalu mempermalukan saya di depan umum,tidak mengenal tempat apakah itu pesta atau acara keluarga tanpa alasan yg jelas..sikap nya kasar..selama 17 tahun saya pendam sakit hati saya dan sudah tidak tahan..hanya pertengkaran hampir tiap hari,saya sudah tidak sanggup lagi,saya minta cerai malah diancam akan dibunuh ,,apakah salah jika saya meninggalkan dia..mohon penjelasan..

anonymous
Guest

suamiku berbeda dgn semasa pacaran.3tahun menikah sy tak diberi nafkah,ia jg sll kasar&ia jg lbh memilih klrg’y.ia lbh mngerti klrgany,drpd mlht anak istriny klaparan.dia jg sm skli tak menghargai apa yg sy lakukan,kerja banting tulang demi anak klrga

indri
Guest

Banyak bgt yg komen rumtang nya ga bahagia,, bikin grup aja seru sharing nya..

wpDiscuz