Hukum Jual Beli Kucing Dalam Islam

A. Pendahuluan

Kucing adalah salah satu hewan yang banyak diminati untuk dipelihara oleh banyak orang yang hobi memelihara binatang. Selain lucu, tingkah lakunya pun menggemaskan. Tidak heran jika banyak orang yang memeliharanya. Kita mungkin sudah tidak asing dengan yang namanya kucing anggora, persia, dan masih banyak lagi semisalnya. Tidak sedikit orang yang berani merogoh kantong dalam-dalam untuk bisa memelihara kucing-kucing tersebut. Tapi, tahukah anda tentang hukum jual beli kucing dalam Islam?

B. Permasalahan

  • Bagaimanakah hukum jual beli kucing dalam Islam?

C. Dalili-dalil dan pendapat para Ulama

  • Diriwayatkan dari Abu Zubair: “Aku bertanya kepada sahabat Jabir tentang hukum jual beli sinnaur (kucing liar), maka beliau berkata: Rasulullah Sallallahu ‘Alaihi Wa Sallam mencegah itu (jual beli sinnaur dan anjing.” [HR. Muslim]
  • Ulama madzhab 4, yaitu dari Syafi’iyyah, Malikiyyah, Hanaabilah, dan Hanafiyyah menyatakan kebolehan tentang jual beli kucing, dengan alasan kucing bukanlah katagori dari hewan yang najis. Diantara Ulama yang mewakili madzhab 4 yang mengatakan diperbolehkannya jual beli kucing, yaitu:
  1. Imam An-Nawawi (Syafi’iyyah) dalam kitabnya Al-Majmu’: 9/230
  2. Imam Al-Kasani (Hanafiyyah) dalam kitabnya Bada’i Al-Shana’i: 5/142
  3. Imam Al-dusuqi (malikiyyah) dalam kitabnya Hashiyah Al-Dusuqi: 3/11
  4. Imam Ibnu Qudamah Al-Maqdisy (Hanabillah) dalam kitabnya Al-Mughni: 4/193

Imam An-Nawawi mengutip pendapat Imam Ibnu Mundzir yang mengatakan bahwa memelihara kucing adalah diperbolehkan menurut Ijma’ (kesepakatan) para Ulama, Jadi jual belinya pun diperbolehkan. [Al-Majmu’: 9/230]

  • Adapun pendapat yang mengatakan bahwa diharamkan jual beli kucing (Madzhab Az-Zhahiri), Madzhab ini berdasarkan dari hadits yang diriwayatkan oleh Abu Zubair (Hadits di atas). Pendapat ini dilontarkan oleh Imam Ibnu Hazm, Ulama madzhab Az-Zhahiri dalam kitabnya Al-Muhalla (9/13).

Imam Ibnu Al-Qoyyim juga berpendapat bahwa jual beli kucing adalah haram. Beliau mengatakan dalam kitabnya zadu Al-Ma’ad: “Dan seperti itu (Haram jual beli kucing), berfatwa Abu Hurairah RA. Ini juga adalah pendapat Imam Thawus dan Imam Mujaahid, dan Jabir Bin Zaid dan Ulama Ahli Adz-Dzahir dan salah satu dari 2 riwayat dari Imam Ahmad. Dan ini adalah pendapat yang benar karena Shahihnya Hadits, dan tidak ada dalil-dalil yang menentangnya. Maka wajib mungikutinya.” [Zadu Al-Ma’ad: 5/685].

Namun, pendapat ini disanggah oleh Imam An-Nawawi. Argumen beliau adalah:

“Jawaban Abi Al-Abbaaas Bin Aash dan Abi Sulaiman Al-Khattaby dan Imam Qaffaal dan Ulama lain: Al-Murad (Perkara yang dikehendaki dari hadits di atas) adalah kucing liar. Maka tidak sah menjualnya (kucing liar), karena tidak ada kemanfaatan dari menjual kucing liar tersebut (menurut Syara’).” [Al-Majmu’: 9/230]

E. Kesimpulan

Dari hadits yang diriwayatkan dari Abu Zubair, terdapat 2 pendapat dari para Ulama:

  • Pendapat pertama, diperbolehkan jual beli kucing, dengan catatan bahwa kucing tersebut bukan termasuk katagori sinnaur (kucing liar), karena ketidak bolehan menjual kucing didalam hadits adalah sinnaur (kucing liar). Beliau-beliau memandang tidak adanya kemanfaatan dari kucing liar. Selain itu, kucing adalah salah satu hewan yang tidak najis, sehingga boleh melakukan jual beli kucing.
  • Pendapat kedua,diharamkan jual beli kucing karena adanya hadits yang Shahih dari Abu Zubair yang diriwayatkan oleh Imam Muslim. Hadits di atas menunjukkan diharamkannya kucing dalam jual beli, tanpa memandang apakah itu sinnaur (kucing liar) atau kucing yang biasa dipelihara (seperti anggora, persia, dan sejenisnya)

Wallahu A’lam

Demikianlah sedikit ulasan tentang hukum jual beli kucing dalam Islam, semoga bermanfaat. Mohon share dengan memberikan Like, Tweet, atau memberikan komentar anda di bawah ini. Terima kasih.

Klik untuk share:
Tagged , , , , , , , , , . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

2 Comments on "Hukum Jual Beli Kucing Dalam Islam"

Notify of
avatar
Sort by:   newest | oldest | most voted
ANGGI
Guest

TERIMA KASIH ATAS INFONYA SEMOGA BERMANFAAT

Anonymous
Guest

saya mau tanya kalok misal nya kita ke pingin beli kucing peliharaan apakah itu haram? soal nya kata adik saya yg sekolah di mtsn jualbeli kucing itu haram

wpDiscuz