Hukum Bekerja Di Bank Dalam Islam

A. Pendahuluan

Di zaman yang serba canggih ini, kita tidak perlu susah untuk melakukan segala sesuatu keinginan kita. Kalau mau mengirim uang, cukup ke bank atau ATM dan mentransfer berapa yang akan kita kirimkan. hidup kita seperti tidak bisa lepas dari yang namanya bank. Tanpa adanya bank, kita bakal menemui kesulitan. Bayangkan ketika kita akan memberi uang kepada saudara yang jauh tanpa lewat Bank atau ATM. Bagi orang yang bekerja di bank, mereka dimanjakan dengan gaji yang tinggi. Tidak heran bila banyak orang-orang yang berminat bekerja di Bank.

B Permasalahan

Bagaimanakah hukum bekerja di bank dalam Islam?

C. Dalil-dalil

  • Allah berfirman: “Allah telah menghalalkan jual beli dan Allah telah mengharamkan riba.” [QS. Al-Baqarah: 275].
  • Diriwayatkan oleh sahabat jabir RA, beliau berkata: “Rasulullah Shallallahu ‘Alaihi Wa Sallam melaknat orang yang memakan riba, dan orang yang memberi makan dengan hasil riba, dan 2 orang yang menjadi saksi.” [HR. Muslim]

Dalam bank tidak lepas dari yang namanya uang riba. Riba sendiri menurut Imam Zarkashi adalah: Tambahan yang ditambahkan dalam transaksi tanpa adanya iwadh (ganti) yang dibenarkan oleh syara.

Bank identik dengan yang namanya hutang piutang. Nasabah meminjam uang dari bank dan dicicil selama beberapa tahun dan setiap bulannya dikenai bunga oleh bank. Dalam transaksi ini terdapat riba Qardh, yaitu: suatu manfaat atau kelebihan tertentu yang disyaratkan kepada orang yang berhutang. Dengan kita bekerja di bank, maka kita telah membantu perbuatan maksiat, yaitu berupa adanya riba. Menolong atas kemaksiatan adalah suatu perbuatan maksiat. Allah pun memerintahkan kita untuk jangan menolong dalam masalah maksiat. Allah berfirman: “Dan tolong menolonglah kamu dalam kebaikan dan taqwa dan janganlah kamu saling tolong menolong dalam dosa dan pelanggaran.” [QS. Almaidah: 2].

Namun, Dr. Yusuf Qardhawi dalam fiqih kotemporernya berpendapat bahwa tidak mengapa bekerja di Bank konvensional dengan pertimbangan tidak semua bentuk transaksi pada bank konvensional itu haram. Maka tidak apa-apa jika seorang muslim menerima pekerjaan itu, walau dalam hatinya tidak rela, dengan harapan tata perekonomian bisa berubah  ke kondisi yang diridhai oleh agama.

D. Kesimpulan

Hukum bekerja di Bank adalah haram, karena Bank tidak lepas dari yang namanya riba. Adapun menurut Yusuf Qardhawi, berpendapat boleh bekerja di bank dengan pertimbangan tidak semua transaksi pada Bank itu haram dan berharap tata perekonomian dapat lebih baik dan diridhai agama. Tidak ada perbedaan hukum antara Bank konvensional maupun Bank Syariat selama masih berbau riba.

Wallahu A’lam

Demikianlah sedikit keterangan tentang hukum bekerja di bank dalam Islam, semoga bermanfaat. Mohon share dengan memberikan Like, Tweet atau komentar anda agar menjadi referensi bagi teman-teman jejaring sosial anda. terima kasih.

Tagged , , , , , , , , , , . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

7 Comments on "Hukum Bekerja Di Bank Dalam Islam"

Notify of
avatar
Sort by:   newest | oldest | most voted
Anonymous
Guest

kesimpulannya ambigu, ya atau tidak. si yusuf qardhawi ini menghalalkan bank,kalau dianalogikan seperti minum es cendol tp ada ada sedikit tahi ayam didalamnya. masih mau minum?
jadi sebaiknya jelas2 saja bikin statement. hukum bekerja di bank adalah haram.

elly baju couple
Guest

Kalo kerja di bank syariah gmn ya? Katanya di bank syariah istilah2nya saja yang berbeda.

john tapoor
Guest

bekerja di bank hukum nya haram bagi yg tidak di terima,,kl yg d terima lanjutkan saja,,kebayang juga kl seluruh karyawan d pecat bisa kacau,,lagian nasabah kaya mau simpan uang dimana??gak lucu juga nyimpan uang 10 milyar d bawah bantal,

Eiko setiadi (@ekosetiadi1975)
Guest
Eiko setiadi (@ekosetiadi1975)

G tgas islam itu tegas haram ya hram bukan krn kpepet jdi boleh nanti barometer tdk mncri krja yg lain

Pras
Guest

Betul..minum susu yang halal saja bisa jadi haram hukumnya. Jika tercampur (khamr) walaupun hanya setetes.

rully
Guest

benar sekali setuju dengan yang di atas jangan membuat para pembaca menjadi bingung, tetaplah hukum bekerja di bank adalah haram

Pinudji Rahardjo
Guest

Kalo bekerja di bank itu hukumnya haram utk semua pekerjaan ,… ? ,.. shg banyak muslim tdk akan mau mjd pegawainya , mk bs jd perekonomian nasional dan regional , akan didominasi oleh non muslim.
bgmn dg perekonomian umat muslim ,… ? Tanpa bank ,… ?

wpDiscuz