Hukum Adzan Di Kuburan Dalam Islam

A. Pendahuluan.

Kita sudah sering lihat ketika ada orang yang meninggal dan saat dikuburkan, orang yang telah meninggal tersebut di Adzankan. Banyak yang menanggapinya secara berbeda. Mungkin ada juga yang bilang itu Bid’ah. Bagi orang-orang yang belum tahu, mereka di buat bingung dengan permasalahan yang satu ini. Sebenarnya, bagaimanakah jelasnya tentang hukum Adzan di kuburan?

B. Permasalahan.

  • Bagaimana hukum Adzan di kuburan dalam Islam?

C. Keterangan-keterangan.

Imam Ibnu Hajar Al-Haitami yang dikenal sebagai pengarang kitab Fathul Mu’in, berkata dalam kitab lainnya, yaitu tuhfatu Al-Muhtaaj: “Terkadang disunnahkan Adzan untuk selain shalat, seperti di dalam masalah adzan ditelinga bayi yang baru lahir dan orang yang kesusahan dan orang yang pingsan¬† dan orang yang sedang marah dan yang jelek budi pekertinya dari manusia ataupun hewan dan ketika berdesakannya tentara (berperang) dan ketika terjadinya kebakaran. Ada pendapat yang mengatakan “dan saat menurunkan mayat kekuburannya dengan diqiyaskan (disamakan) atas awal keluarnya ke dunia”. Namun, aku (Ibnu hajar Al-Haitami) telah menolaknya di dalam kitab Syarh Al-Ubaab(tentang pendapat yang mengatakan bahwa sunnah Adzan saat menurunkan mayat ke liang lahat). Dan (disunnahkan Adzan) ketika ada yang kerasukan jin, karena adanya khabar (hadits) yang shahih di dalamnya.” {Tuhfatu Al-Muhtaaj Fi Syarhi Al-Minhaaj, Juz 5, halaman 51}

Dari keterangan Imam Ibnu hajar di atas, beliau dengan jelas menolak pendapat yang mengatakan kesunnahan melakukan Adzan saat menurunkan mayit ke dalam kuburan. Tidak hanya Imam Ibnu hajar, Syaikh Sulaiman Al-Jamal, pengarang kitab Hasyah Al-Jamal pun tidak mensunnahkannya. Beliau berkata: “Dan tidak disunnahkan melakukan Adzan ketika menutup liang lahat, sesuai pada apa yang dikatakan Al-Ashbaahiy dan berbeda dengan sebagian Ulama.”

Syaikh Abu Bakar Syatha, pengarang kitab Hasyah I’anatu Ath-Thalibiin pun selaras dengan gurunya Imam Ibnu Hajar Al-Haitami dan Syaikh Sulaiman Al-Jamal. Beliau berkata: “Ketahuilah olehmu, sesungguhnya tidak disunnahkan¬† Adzan ketika masuk ke kubur, berbeda pendapat dengan yang menganjurkan Adzan ketika masuk ke dalam kubur dengan diqiyaskan pada keluarnya di dunia atas masuknya ke dunia. Ibnu Hajar berkata: Tapi, saya menolaknya dalam kitab Syarah Al-Ubaab. Namun, bila waktu menurunkan mayat bertepatan dengan waktu Adzan, maka diringankan untuknya dalam pertanyaan kubur.” {Haasyiyyah I’anatu Ath-Thalibiin, Juz 1, halaman 268}.

Wallu A’lam

Tagged , , , , , , , , . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *